Ke
empat hal di atas sangat memiliiki hubungan yang erat satu sama lain. Pendidikan,
konsep pendidian bertolak dari asumsi bahwa seluruh warisan budaya, yaitu
pengetahuan, ide-ide, atau nilai-nilai yang telah ditentukan oleh para pemikir
terdahulu. Pendidikan berfungsi memelihara, mengawetkan dan meneruskan semua
warisan budaya tersebut kepada generasi berikutnya. (Nana S. Sukmadinata, 2010,
hlm. 4)
Di
dalam pendidikan terdapat beberapa elemen-elemen penting yang perlu diketahui
dan saling terkait satu sama lainnya. diantaranya adalah kurikulum dan
pengajaran. Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau
pegangan dalam proses kegiatan belajar-mengajar, sedangkan pengajaran adalah
keseluruhan pertautan kegiatan yang memungkinkan dan berkenaan dengan
terjadinya interaksi belajar-mengajar.
Pada
hal lain, beberapa ahli memandang kurikulum sebagai rencana pendidikan atau
pengajaran. Salah satunya adalah Mc Donal (1965, hlm. 3 dalam Nana S.
Sukmadinata 2010, hlm. 5). Dia berpendapat, sistem persekolahan terbentuk atas
empat subsistem, yaitu mengajar, belajar, pembelajaran, dan kurikulum. Mengajar
merupakan kegiatan atau perlakuan profesional yang diberikan oleh guru. Belajar
merupakan kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh siswa sebagai respon terhadap
kegiatan mengajar yang diberikan oleh guru. Keseluruhan pertautan kegiatan yang
memungkinkan dan berkenaan dengan terjadinya interaksi belajar-mengajar disebut
pembelajaran.
Dalam
pelaksanaannya semua hal-hal di atas sangat memerlukan landasan filsafat. filsafat
mempunyai hubungan yang sangat erat dengan teori pendidikan. Kebanyakan teori
pendidikan yang ada, kalau tidak berlandaskan pada psikologi maka bersumber pada
filsafat. filsafat berangkat dari keragu-raguan terhadap sesuatu dan berusaha
untuk memecahkannya. Seperti yang kita ketahui falsafah bangsa ini adalah
pancasila, semua unsur-unsur pendidikan kita dilandasi oleh pancasila tersebut serta
didukung juga oleh UUD 1945. Filsafat memberikan kontribusi yang besar terutama
dalam memberikan kajian sistematis berkenaan dengan kepentingan pendidikan.
Nasution (1982) mengidentifikasikan beberapa manfaat filsafat pendidikan,
yaitu:
- Filsafat pendidikan
dapat menentukan arah akan dibawa kemana anak-anak melalui pendidikan di
sekolah? Sekolah ialah suatu lembaga yang didirikan untuk mendidik anak-anak ke
arah yang dicita-citakan oleh masyarakat, bangsa, dan negara.
- Dengan adanya tujuan
pendidikan yang diwarnai filsafat yang dianut, kita mendapat gambaran yang
jelas tentang hasil yang harus dicapai. Menusia yang bagaimanakan yang harus
diwujudkan melalui usaha-usaha pendidikan itu?
-
Filsafat dan tujuan
pendidikan memberi kesatuan yang bulat kepada segala usaha pendidikan
- Tujuan pendidikan
memungkinkan si pendidik menilai usahanya, hingga manakah tujuan itu tercapai.
- Tujuan pendidikan
memberikan motivasi dan dorongan bagi kegiatan-kegiatan pendidikan.
terimakasih sangat bermanfaat
BalasHapusEmperor Casino
BalasHapusThe Emperor Casino is a high-end casino that allows 인카지노 players to enjoy online slots, 제왕 카지노 blackjack, roulette, baccarat, slots and many other games. The casino 1xbet korean